Daerah

Oknum Pendamping Lokal Desa Kecamatan Lahewa Diduga Terlibat Pengadaan Anak Babi

Bagikan:

 90,443 Total Views

Nias Utara|Sumut-Targetkasusnews.com,- Ada-ada saja oknum Pendamping Lokal Desa (PLD-red) di Kecamatan Lahewa Kabupaten Nias Utara. Padahal dia sudah di gaji negara dengan rupiah yang agak besar.Terungkapnya kasus tersebut,ketika media ini wawancara langsung kepada Kades Hilinaa Rosidodo Zalukhu (Rabu,23/3/2022).

Rosidodo menjelaskan,pihaknya sudah ada kesepakatan kepada oknum PLD untuk mengurus pengadaan ternak babi sebagai program pemberdayaan warganya dengan sumber Dana Desa,katanya. Pada kesempatan Itu,Kades yang sudah beberapa periode menjadi pejabat tertinggi di desanya itu,bahkan menyuruh awak media untuk mendatangi rumah PLD tersebut sambil dia menjelaskan alamat lengkapnya.

Ditambahkan Rosidodo,dari 78 ekor yang sudah dipesan anak babi,baru 19 ekor yang sudah masuk kandang warga.Sementara sisanya tergantung calo oknum PLD,jelasnya dengan nada kecewa.

Dikabarkan,ada sejumlah kandang anak babi yang sudah selesai dibangun dengan sumber Dana desa,masih kosong.Pada kesempatan itu,salah seorang warga minta namanya jangan ditulis, menyampaikan kekecewaannya karena anak babi yang dijanjikan tak kunjung masuk kandang.

Ketika informasi yang diperoleh dari Kades Hilinaa terkait pengadaan anak babi,oknum PLD berinisial SZ setelah dihubungi via telepon selulernya (Kamis,24/3/2022). SZ membenarkan kalau dia sedang berusaha supaya anak babi untuk desa Hilinaa segera sampai ke tangan warga.”Iya pak.anak babinya sebagian besar lagi karantina di Sibolga. Mungkin dalam beberapa hari ini datang,katanya. Bahkan SZ berjanji dia akan memberikan tanggapan sesuai apa yang diminta awak media.Kendatipun sampai berita ini ditayang,janji SZ ternyata bohong.

Koordinator Kabupaten Nias Utara Yufelianus Lahagu ketika diminta tanggapannya (Jumat,25/3/2022) terkait keterlibatan SZ sebagai calo anak babi,PLD tidak boleh terlibat dalam pengadaan anak babi di desa,tegasnya.”Itu tidak boleh.Siapa namanya.Kalau ada buktinya dia terlibat,beritahu namanya.Mumpung saya masih ikuti rapat di Medan,”harapnya.(ID-19)

Bagikan: